Rabu, 16 Desember 2009

Konsep sederhana pembuatan aplikasi penterjemah bahasa

Judul : Konsep sederhana pembuatan aplikasi penterjemah bahasa
Penulis : surya kubiwa


Hm... Kemaren ada temen yang tanya tentang judul skripsi, waktu dia bilang begitu gw jadi teringat dengan judul skripsi gw yang mau gw ajuin pertama kali ke jurusan, tapi karena sudah di interupted sama temen gw alias sudah keduluanan sama dia gw gak jadi ngajuin judul itu, judul yang mau gw ajuin itu adalah "Aplikasi Penterjemah Bahasa Indonesia - Bahasa Lampung".

Aplikasi ini sebenernya baru selesai 30% (cuma baru gw kerjain core/inti dari aplikasi penterjemah itu, tapi sudah bisa menterjemahkan satu kalimat dengan sempurna), tapi di posting ini gw gak nulis tentang aplikasi penterjemah itu, tapi hanya konsepnya aja tentang cara penterjemahan yang dilakukan secara sederhana yang secara kebetulan gw temuin sendiri tanpa nyontek dari aplikasi orang laen (walau source code yang gw susun itu gw comot sana comot sini dari source code aplikasi laen).

Sebenernya konsep yang gw temuin itu cuma punya 5 tahap, tahap tahapnya seperti ini :


+---------------------------------+
| input kalimat
+---------------------------------+
|
v
+---------------------------------+
| pisahkan kalimat menjadi perkata
+---------------------------------+
|
v
+---------------------------------+
| terjemahkan kata per kata
+---------------------------------+
|
v
+---------------------------------+
| susun kembali kata per kata
| yang telah diterjemahkan
| menjadi kalimat sesuai dengan
| format kalimat saat input
+---------------------------------+
|
v
+---------------------------------+
| output kalimat
+---------------------------------+


Emang sederhana banget ya, tapi sudah gw uji coba aplikasi yang menggunakan konsep diatas, dan hasilnya yach lumayan lah untuk sebuah aplikasi penterjemah bahasa. Kalo ada yang mau coba buat aplikasi penterjemah bahasa boleh juga pake konsep gw ini.. Hehehee... Happy Coding.. :)