Kamis, 10 Desember 2009

Hosting website di Hosting gratisan Tripod

Judul : Hosting website di Hosting gratisan Tripod
Penulis : surya kubiwaJustify Full

Artikel ini gw buat coz ada temen gw sebut saja "Umbu Ngailu Dedi" yang mau belajar tentang cara hosting website di server internet tapi yang gratisan.. Okeh bro, artikel ini khusus dibuat untuk kamu..

Pertama yang kita perluin adalah file file yang akan di hosting di hosting gratisan itu. Hm.. Hosting itu apa ya? Kira kira berasal dari kata "host" yang berarti rumah atao tempat berdiam, kalo "ing" sih imbuhan dari English (hehehehehee.. :P ), kalo kata "hosting website" digabung kira kira artinya rumah atao tempat berdiam dari file file website yang kita miliki yang ditaruh yang berada di internet (gw gak tau neh arti yang sebenarnya apa, coba di cek sama oom google aja deh.. hehehehee..).

Hm.. Gw coba buat satu file web sederhana yang akan dijadiin index yang akan dijadikan halaman utama dalam website yang gw buat ini. Pertama gw buka notepad dulu, terus gw ketik source code html di bawah ini :

-- HTML nya gak muncul -- T.T nanti gw perbaiki deh..

Nah setelah di capture notepad-nya baru keliatan deh, nih source code-nya
Lalu di save as dengan file nama "index.html" dengan save as type "All Files". Oke, file website yang akan di hosting sekarang sudah gw punyain. Tahap selanjutnya gw mau hosting tuh file ke hosting gratisan di Tripod. Pertama yang harus kita lakukan untuk meng-hosting adalah koneksi internet (yaeyalah... kalo gak konek internet mau upload-nya gimana mas surya kubiwa!!). Oke, sekarang gw sudah punya koneksi internet, terus langsung gw jalanin aplikasi browser (bisa Mozilla, Opera atao Internet Explorer, atao yang laennya). Setelah itu gw ketikin alamat di address bar dengan tulisan "http://www.tripod.lycos.com/" tanpa tanda petik dan akan muncul halaman sebuah free website hosting seperti dibawah ini


Kalo udah, kita lanjutin ya ke tahap kedua. Setelah halaman Tripod selesai terbuka maka klik aja tombol berwarna hijau yang bertuliskan "Start Now!", setelah halaman yang baru telah muncul lalu klik lagi tombol berwarna hijau yang berada di dalam kolom "Free" yang bertuliskan "Sign Up" seperti gambar di bawah ini (perhatiin lingkaran yang berwarna merah)


dan setelah gw klik terus dia muncul gambar seperti di bawah ini


rupanya tripod lagi error... hahahahahahaa.. coz udah sore, posting ini gw pending dulu, besok gw lanjut aja.. :P

----------- bersambung -------------

setelah 20 hari, posting pun berlanjut, tapi tripod masih error juga T.T


------------- berlanjut ---------------

karena sudah males dengan tripod, maka silakan baca posting gw yang ini aja deh http://suryakubiwa.blogspot.com/2009/12/hosting-website-di-hosting-gratisan_27.html