Minggu, 21 Februari 2010

Mengganti Alamat dan Letak Drive ( Change Drive Letter and Paths ) Pada Ms. Windows XP

Pernah gak sih Drive di hardisk loe acak acakan kayak rambut gw yang belum di sisir (di sisir aja masih acak acakan... hahahahahaa...). Misalkan seperti :

My Computer
[+] Local Disk (C:)
[+] DVD-RAM Drive (D:)
[+] Local Disk (E:)
[+] CD-ROM Drive (F:)

Padahalkan loe maunya seperti ini (masih misalkan) :

My Computer
[+] Local Disk (C:)
[+] Local Disk (D:)
[+] CD-ROM Drive (E:)
[+] DVD-RAM Drive (F:)

Kalo Drive di komputer gw kayak gambar di bawah ini nih :


Oke, kita praktek.
Buka Explorer loe seperti gambar Explorer gw yang diatas, terus klik kanan diatas tulisan My Computer seperti gambar dibawah ini, terus pilih Manage.


Kalo udah muncul Form Computer Management terus pilih Disk Management seperti dua gambar dibawah ini :


Kalo udah muncul tabel Disk Management tinggal klik kanan aja di atas Drive yang mau di ubah alamat dan letaknya dan pilih Change Drive Letter and Paths.., seperti gambar dibawah ini :


Maka akan muncul Form Task seperti gambar dibawah, lalu klik tombol perintah Change..


dan akan muncul Form Task lagi seperti ini :


Lalu pilih Drive Letter yang akan diubah, seperti gambar dibawah ini yang gw lingkarin merah :


Selamat mencoba deh, loe bisa berekspresi sendiri deh kayaknya karena ini gak terlalu sulit (mudah banget malahan), walaupun ini bermain main dengan Disk Drive tapi gw jamin ini gak akan memformat hardisk loe kecuali emang loe asal asal klik aja. Dan 1 pesen gw, kalo lagi ganti ganti Drive Letter usahain Drive yang mau diganti jangan diakses dulu..