Sabtu, 10 Januari 2009

Hari ini (07 Januari 2008) kompi gw collaps

Pengok, Yogyakarta, Indonesia, 07 Januari 2008, sebuah mesin yang gak pernah di urus sedang collaps (bener gak tuh tulisan collaps begitu???) a.k.a menuju mati....
T~T
Hari ini mesin itu diserang 3 virus (Heur => Suspected, Worm semi virus ber-icon Ms.Word 2000 buatan lokal, worm ber-icon folder buatan lokal) sekaligus yang tidak sengaja (ato malah disengaja) masuk ke kompi gw!!!! I Hate That!!! D***... Fren, laen kali kalo nyolok flashdis ati ati dunk!! Beberapa hari sebelumnya Sistem Operasi mesin tersebut juga mengalami kerusakan yang lumayan agak parah, tapi masih bisa diatasi walaw kadang kadang sering "cursor busy" sendiri??? (ada apa denganmu???), syukur deh laporan PKPI gw udah kelar, coba kalo belum, bisa berabeh deh hidup gw!!! Setelah beberapa jam bertapa di dalem warnet, alhasil gak dapet apa apa (malah chating sama fenny and dapet foto Eka yang dikasih sama eka... Thank ya Eka jelek!!! Coz adit udah lama gak liat wajah eka!! Hehehe...)...

Haaaaah.. Pulang ke kos dengan "tangan hampa sebuah Software keren"!!! Sampe kos gak niat ngidupin kompi, tapi pikiran gw mengatakan "ini gak bisa lama lama dibiarin coz bisa ganggu acara skripsi gw nantinya coz data gw ada di-drive-nya"..

Kira kira begini percakapan gw dengan pikiran gw (sisi laen dari diri gw) :
-----------------------------
Setelah sampe di depan kos..

Gw : "Gw males ngidupin kompi, mau ngerenungin dulu apa yang terjadi!!!"
Pikiran gw : "Goblok!!" yang goblok gw ato pikiran gw?? yang jelas dua duanya "Kenapa sih loe, masa sama worm and virus aja takut sih??!"

Tidur tiduran sebentar sambil ngeliatin galon aqua...

Gw : "Idupin kompi-lah, mau denger Mp3 sekalian liat liat foto Eka yang baru di kasih yang gw download di warnet via YM.."
Gw : "Kok agak lama ya??" ya wajar, kan ada 3 virus!!!

Nunggu start up dulu, sambil ngidupin lampu...

Gw : "Lho kok file word yang dikasih sama ijal di warnet gak ada???!!" ada apa ini?
Pikiran gw : "Apa kena kspool kayak dulu??"

Nganalisa sebentar, apa yang terjadi!!

Pikiran gw : "Walah ada worm semi virus yang meng-infeksi kompi neh, kira gw cuma virus Heur (walaw belum yakin itu virus Heur ato yang lain) aja!!!" Kok bisa??!...
Pikiran gw : "Coba liat dulu semua proses yang berjalan!!!"
Gw : "Walah ada 3 proses aneh neh!!!" Coba matiin dulu, baru di analisa lagi!!!..
Pikiran gw : "Halah cuma 2 worm kacangan aja!!!"

Kita berdua pada diem, ngerjain and mikirin gimana dia berproses...

Gw : "Nah... Ketemu neh induk untuk pemicunya."

Beberapa menit kemudian, worm yang ber-icon folder mati beserta peranakannya!!!

Pikiran gw : "Mampus lo!! Walau gak tau apa yang udah dia ubah di-registry-nya... "

Lalu kegiatan selanjutnya mempelajari proses dari worm semi virus yang ber-icon Ms.Word 2000...
Rupanya worm ini membuat beberapa file di folder "Program Files", setelah diteliti kok ada folder mIRC??? Padahal gw gak pernah install mIRC!!! Pas diliat kok isi folder-nya gak muncul, walah rupanya di Super Hidden neh.. (ditampilin dulu file file-nya dengan mengganti attribute file ke normal, syukur fasilitas cmd.exe masih bisa digunain).. Alhasil, rupanya worm semi virus ini membuat BotNet (Robot Network kalo gak salah singkatannya, yang berfungsi sebagai Bot untuk menginfeksi komputer komputer laen via IRC), wah wah... worm ini keren juga neh, apa mau dipake untuk DDoS?? cuma VM-nya yang tau!! Setelah ketauan, baru deh matiin proses and di hapus.. (Halah halah, mudah mudah semua... Eittt,.. Nanti dulu!!! coba di restart masih ada gak??)

.......Kompi di restart.......

Pikiran gw : "Walah kok muncul lagi neh worm semi virus yang ber-icon Ms.Word 2000?"
Gw : "Kok bisa ya?? Padahal proses and file udah tewas semua!!!"

Bertapa sebentar, mikirin langkah yang selanjutnya, and ganti pake software laen untuk melihat prosesnya....

Pikiran gw : "Halah halah.... Rupanya ada file di "start up" yang ketinggalan di apus"..
Gw : "Apus dulu deh, baru restart lagi!!"

.......kompi di restart.......

Gw : "Wehh... Udah ilang neh 2 worm buatan lokal, walaw registry gw pasti berantakan coz gw gak tau apa yang dilakuin sama worm worm itu.."
Pikiran gw : "Sisa 1 virus neh!! and virus ini udah meng-infeksi sebagian besar file executeable di kompi gw..."
Gw : "Besok lagi aja deh, coz udah magrib, mau nonton tipi dulu, sekalian besok di scan di tempat gombong, biar tau virus apa yang meng-infeksi kompi gw!!!"

Waktu tulisan ini di buat, kompi gw masih nge-refresh dirinya sendiri yang berarti ada proses laen lagi yang berjalan (virus itu)... Hampir semua file udah ter-infeksi and belum ada backup-nya.

Kayaknya, ini blog gw yang paling panjang dan paling aneg yang gw tulis untuk sekarang. Halah.... Halah....