Selasa, 30 Maret 2010

Memasuki X Window Slackware

Distro Slackware emang beda (disini gw pake Slackware 13.0) dengan distro distro linux yang laennya. Pada distro ini ketika kita mulai menjalankan mesin yang terinstal slackware kita tidak akan langsung memasuki lingkungan X Window atao gw lebih sering ngedenger dengan Desktop waktu di Ms. Windows Xp. Ketika kita akan mulai memakai slackware kita akan dihadapkan dengan sebuah login dalam mode konsole

Welcome to Linux 2.6.29.6-smp (tty1)

darkstar login:

Waktu gw belum tau dengan X Window, setiap gw masuk pasti gw menggunakan perintah # kdm yang terlebih dahulu gw harus login dengan root (karena hanya root yang bisa menjalankan kdm), seperti dibawah ini

Welcome to Linux 2.6.29.6-smp (tty1)

darkstar login: root
Password:
Linux 2.6.29.6-smp.
No mail.

root@darkstar:~# kdm

setelah itu muncul form login, lalu gw isi dengan username sama password punya gw, setelah X Window muncul gw harus kembali lagi ke tty1 untuk logout dari root. Beberapa hari gw menggunakan cara ini untuk masuk ke X Window tersebut.

Suatu hari (pada tanggal blog ini ditulis) gw gak sengaja ngebaca blog tentang Xorg di Slackware, disitu tertulis " Lingkungan X Window pada Slackware disediakan oleh Xorg. X bertanggung jawab untuk menyediakan antarmuka grafis. Aplikasi ini tidak tergantung dari sistem operasi, tidak seperti Windows atau MacOS. Anda bisa langsung menjalankan X menggunakan perintah $ startx ". Saat itu juga gw langsung menghidupkan mesin Slackware gw, dan seperti biasa gw dihadapkan dengan tampilan darkstar lalu login dengan username dan password gw, seperti dibawah ini

Welcome to Linux 2.6.29.6-smp (tty1)

darkstar login: suryakubiwa
Password:
Linux 2.6.29.6-smp.
No mail.

suryakubiwa@darkstar:~$ startx

setelah itu gw langsung masuk ke dalam X Window Slackware gw..

Makin suka aja gw dengan Slackware dan mesinnya walaupun kepala gw pusing coz masih newbee tapi tetep semangat, kata salah satu senior slackware user yang gw kenal, kata dia : "jangan gampang menyerah menggunakan Slackware"..