Senin, 12 Mei 2008

Study Ekskursi 2008, Yogyakarta - Bandung - Jakarta


Study Ekskursi 2008, Yogyakarta - Bandung - Jakarta

Setelah sekian lama gak berpergian bersama-sama temen belajar (alias temen 1 tempat menuntun ilmu yaitu anak-anak kampusnya para penjahat), akhirnya pada tanggal 27 April kemaren kita pergi juga tapi bukan untuk jalan-jalan melaenkan untuk melaksanakan Study Ekskursi, gw gak tau arti dari Study Ekskursi itu tapi 1 kesimpulan yang gw ambil, Study Ekskursi itu adalah belajar di luar kampus untuk menambah pangetahuan yang tidak ada di dalem kampus (bingung-bingung deh artinya begitu......).

Study Ekskursi (SE) ini dilaksanakan antara tanggal 27-30 April tapi waktu yang efisien (waktu yang sebenernya) yaitu cuma 2 hari aja, selaen itu waktu dihabiskan dalam perjalanan di dalem bis..



Kronologis perjalanan :

18.45 (Hari Minggu Malem)
Berangkat dari kos bareng gusdi, erwandi n tomi (ketemu tomi di burjo)

19.30
Disuruh kumpul. Gw kira sudah mau berangkat, rupanya cuma presensi aja... Sambil nunggu presensi sebagian temen gw yang penjahat ada yang beli vodka (ato apalah namanya coz gw gak ngerti..) untuk minum-minum di jalan.

20.??
Berangkat... Akhirnya berangkat juga...

02.?? (Hari Senen Pagi)
Perut gw mual, kepala gw pusing, coz jalannya kayak uler (meliuk-liuk)... Lewat Banjarnegara sih..

03.??
Akhirnya kejadian yang tidak diinginkan terjadi juga, gw terkena mabok darat....

05.30
Sampe di rumah makan Suka Hati (di Bandung, tapi gak tau Bandung daerah mana...). Sampe di situ pura-pura mandi, alias cuma mandi bebek (cuma cuci muka n elap-elap badan sekalian ngebersihin celana yang kotor coz kalo mau mandi dingin banget) coz rame yang antri untuk pake kamar mandinya.. Abis mandi, makan pagi deh sambil becanda sama temen-temen sekalian ngembaliin energi gw yang ilang gara-gara mabok darat...

07.00
Berangkat lagi.. Mau berangkat kemana lagi gw gak tau... Ikutin aja kata-kata panitia.

08.35
Sampe di PT. Dirgantara Indonesia (dulu IPTN) tempat pembuatan pesawat terbang atau yang semacamnya.. Perusahaan ini luasnya minta ampun (kalo mau keliling capek banget), tapi kok pegawainya dikit? Apa karena kemaren ampir bangkrut? Di sini, kita dijelasin apa itu PT. Dirgantara Indonesia. Setelah penjelasan yang ngebuat gw ngantuk berat (bukan gw aja yang ngantuk, Sardi temen gw sempet tidur padahal dia duduk di meja depan), akhirnya kita keliling ke tempat-tempat pembuatan pesawat (gw lupa series pesawat-nya). Rupanya ngebuat pesawat itu lama banget ya!! Harus mesen sana-sini baru pembuatan bagian pesawat n di rakit terus pemesanan mesin terus baru bisa dijual, untuk perakitan aja harus di kirim ke spanyol atao perancis dulu untuk beberapa series pesawat... Selaen pesawat, di PT. Dirgantara Indonesia juga ada helikopter-nya juga. Gw gak liat cara pembuatan helikopter-nya coz helikopter-nya sudah jadi n tinggal pasang mesin n jual aja..

11.35
Cabut dari PT. Dirgantara Indonesia n entah mau kemana lagi gw gak tau.. 1 kesimpulan yang gw ambil dari PT. Dirgantara Indonesia yaitu gk semua orang Indonesia itu goblok n korup semua karena orang Indonesia mampu ngebuat pesawat. N 1 pertanyaan di otak gw, kenapa Indonesia gak ngebuat pesawat tempur sendiri aja!! Kan PT. Dirgantara Indonesia sudah mampu ngebuat pesawat!!! Apa karena keterbatasan dana?? Atao karena dana-nya sudah di korup?? Atao masih goblok?? Hanya Tuhan yang tau.

12.25
Sampe LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), tapi belum bisa masuk (entah ada apa n kenapa hanya Tuhan n panitia yang tau...).

14.00
Masuk LIPI, tempat yang keren menurut gw coz didalem LIPI ada orang-orang yang ahli dibidangnya.. Baru kali ini gw masuk ruang yang isi komputernya tentang pemrograman semua, biasanya yang gw liat cuma Dekstop dengan aplikasi "Spider Soltaire" aja. Gw gak sempet tanya-tanya di ruang itu coz gw pasti bingung dengan penjelasan orang-prang pinter, jadinya gw cuma diem aja sambil ngeliatin Dektop komputer-nya dengan aplikasi pemrograman tingkat tinggi + buku-buku tebel tentang komputer dengan bahasa inggris.. Keren abis disini..... Gw jadi semangat.. Setelah keluar dari satu ruang, gw masuk ruang laennya, isi di ruang yang ini lebih keren coz selaen komputer dengan Dekstop yang full dengan aplikasi pemrograman tingkat tinggi, disini juga ada robot (entah robot apa coz gw gak tertarik). Terus gw liat banyak papan PCB di salah satu meja pegawainya, setelah itu gw tanya, rupanya dia lagi ngembangin sebuah radio untuk militer, entah apa namanya gw gak tau tapi yang jelas bukan radio biasa coz radio ini bisa "Looping Frekuensi ke Frekuensi laennya sebanyak 10x dalam 1 detik" biar gak bisa di detek isi dari gelombang radio tersebut, kalo punya militer Amerika sudah bisa Looping sebanyak 100x lebih dalem 1 detik (buseeet daah..). Kereeen..

17.??
Ke Jakarta...

20.??
Sampe asrama mahasiswa di daerah Jakarta Selatan. Terus temu alumni.. Disini diajarin banyak hal, mulai dari dunia kerja sampe dapet ilmu yang bermanfaat laennya.. Emang bener dari apa yang gw yakinin selama ini bahwa "Apa yang kita rencanakan pasti pada akhirnya tidak seperti yang kita rencanakan, tetapi jika kita ingin mendapatkan kebahagiaan seperti yang kita rencanakan, kita harus berani mengorbankan". Karena semua almuni yang hadir pada mulanya susah semua alias belum jadi orang ber-duit, tapi karena keberanian menanggung resiko makanya mereka mendapatkan apa yang mereka mau. Disini gw dapet 1 ilmu yaitu "Ambillah kesempatan sebelum kesempatan itu hilang walau kita nggak tau resiko selanjutnya".

23.00
Mandi... Abis mandi cari makan (makan nasi goreng di jakarta = mahal!!! Rp. 7000 + air putih. Biasanya Rp. 5000 + minum es jeruk atao es teh). Udah itu tidur...

04.35 (Hari Selasa Pagi)
Bangun => Mandi => Beres-beres barang => Makan pagi...

07.00
Berangkat dari asrama mahasiswa dengan tujuan entah kemana, hanya Tuhan dan panitia yang tau...

08.30
Gak sadar sudah sampe di perusahaan pembuatan, distribusi dan servis laptop dan komputer. Nama perusahaannya ZYREX. Waktu kunjungan ke perusahaan ini laen dari sebelumnya, coz disini kita bener-bener dianggep tamu. Waktu pertama dateng aja mau disambut (tapi karena rombongan datengnya kecepetan gak jadi deh..). Sampe di ruang konferensinya sudah disiapin "SNACk" + 2 Stoples Permen (asik... Makan lagi...). Sambil dengerin presentasi perusahaan, kita pada makan n becanda... Sebelum masuk ruang produksi kita pada di kasih kaos kaki merek Adidas 1 anak 1 (baek banget neh perusahaan) untuk di pake di ruang produksi. Waktu masuk ruang produksi gw baru sadar kalo ngerakit Laptop itu lebih mudah dari PC coz kita tinggal pasang hardware yang belum dipasang aja. Ngerakit Laptop juga lebih cepet dari pada ngerakit PC, kira-kira 5-15 menit aja.. Di ruang konferensi kita dikenalin sama Laptop tipe baru yang harganya murah sekitar 3,5 juta, namanya (gw lupa, kalo gak salah NETTOP atao apalah, lupa gw...). Sebelum keluar dari perusahaan, kita dikasih cinderamata, yaitu MUG bi (bi = banga indonesia) + makan siang dalem bentuk nasi kotak (emang baek neh perusahaan. Tapi dalem otak gw, perusahaan ini cuma mau promosi coz ini perusahaan baru). Setelah di luar, kita pada foto-foto. Pas pergi banyak yang gw dapet dari perusahaan ini yaitu : 1. Ilmu yang banyak banget (pastilah...); 2. SNACK yang enak banget; 3. Permen segenggem (he... He...); 4. Kaos Kaki Adidas; 5. Mug bi; 6. Makan siang;. Sebenernya masih banyak bareng yang laen, tapi gw gak dapet...

12.00
Berangkat lagi... Kali ini gw tau dengan pasti kemana tujuannya... Yaitu ke DuFan...

13.25
Setelah tidur, tau-taunya sudah sampe parkiran ancol.. Terus langsung masuk DuFan setelah antri di WC umum karena kebelet kencing.. Waktu pertama masuk gw bingung mau naekin yang mana, tapi karena bareng-bareng jadi kita pada nyari wahana Halilintar. Pas sudah sampe disitu, temen-temen gw pada coba mau naek halilintar kecuali gw n temen gw Subhan coz gw tau kondisi tubuh gw lagi gak Fit karena terlalu lama di dalem bis.. Ya terpaksa dilecehkan sama temen-temen coz dianggep takut. Setelah ampir 1 jam muter-muter n liat-liat, gw sama Subhan akhirnya nyobain juga tuh Halilintar bareng Suarel n beberapa temen gw yang laen.. Pas lagi antri mau naek, gw pasrah aja deh mau ada kejadian apa selanjutnya coz sudah antri sih.. Waktu naek tuh Roller Coaster gw gak takut n malah semangat teriak-teriak bareng Suarel, tapi setelah turunan pertama rasanya nyawa gw bener-bener ilang (blaaas... Tanpa bisa teriak sama sekali...) n kayaknya gw bisa ngeliat ekspresi muka gw sendiri yang tegang.. Pas sampe di jalur lingkaran, nyawa gw agak kembali... Setelah lewat itu gw bisa teriak-teriak lagi sampe akhirnya selesai juga. Agak pusing juga waktu turun dari Roller Coaster-nya.. Mau nyobain lagi tapi masih pusing (kunjungan berikutnya kali ya!!). Setelah itu nyobain wahana yang laen, tapi bukan wahana-wahana yang eksterim kayak Halilintar lagi coz tenaga gw sudah kekuras..

16.00
Setelah puas muter-muter di dalem n sempet gangguin + kenalan sama anak UnPad bareng anak-anak yang laen, kita pada bingung nyari pintu keluar, tapi akhirnya keluar juga bareng-bareng rombongan yang laen. Di pintu keluar dikasih makan sama panitia (makan lagi neh, kenyang lagi...).

16.30
Dari istirahat + foto-foto di pantai Ancol kita menuju Trans TV untuk nonton shooting Ekstravaganza.

17.45
Sampe Trans TV, terus nunggu jadwal masuk studio.

19.00
Masuk studio 1 nonton shooting... Wah mbak Virnie sama Luna Maya lebih asik di liat langsung.. He he he..

23.00
Keluar dari studio 1 n langsung ngantri di WC... Setelah itu menuju Bandung lagi.

02.13 (Hari Rabo Pagi)
Bis berhenti.. Gw kira di Bandung, rupanya Bandung sudah lewat setengah jam yang lalu (gw jadi bingung deh ini ada dimana???). Temen-temen pada sibuk-sibuk banyak yang beli oleh-oleh, sebagian ada yang nonton Manchester United tanding.. Sebagian lagi pada minum kopi panas coz disini dingin banget.

02.30
Jogja.. Jogja.. Kita langsung pulang ke Jogja.

08.00
Gw terbangun, tau-taunya sudah sampe Gombong.

11.40
Sampe kampus => Langsung ke kos => Beresin barang-barang => Tidur sebentar => Makan siang (walau hari menjelang sore)



Kesan-kesan ikut Study Ekskursi:
1. Study Ekskursi = Capek
2. Study Ekskursi = Jalan-jalan
3. Study Ekskursi = Tambah pengetahuan

Kalo di suruh ikut Study Ekskursi lagi gw gak bakal mau...
Reactions: