Sabtu, 13 November 2010

Messenger Service Yang Aneh



Messenger Service

Message from SVR114312 to #1141003.core-b.corp.***********.co.id on 11/4/2010 4:23:46 PM.

Virus/Malware was detected on your computer and may have spread to other computers on the network.
Please check your antivirus software and components.



Menurut gw ini message yang aneh deh kalo beneran dari sebuah antivirus, karena message ini muncul setelah salah satu komputer di kantor gw menjalankan sebuah aplikasi (yang katanya) untuk memperbaiki trouble yang sedang mengganggu kinerja beberapa komputer di kantor gw (setelah di jalankan emang jadi gak ada masalah lagi). Menurut gw aplikasi yang dijalankan tersebut malah sebuah malware yang emang sengaja untuk dijalankan (siapa yang tau).

Mari kita telusuri :

Waktu pertama gw pindah ke kantor yang baru gak ada satupun trouble yang mengganggu komputer komputer, cuma ada beberapa komputer aja yang tidak memiliki fasilitas pengiriman uang. Akhirnya datanglah seorang IT (yang katanya) ahli dibidangnya tentang jaringan komputer perkantoran gw, setelah di utak atik akhirnya fasilitas pengiriman uang bisa digunakan untuk komputer komputer yang tadinya gak ada fasilitas tersebut.

Keesokan harinya baru gw sadarin kalo komputer meja kerja gw ada yang aneh, yaitu gak bisa membuka Command Line (CMD) untuk mengirim message via CMD.. Nah.. Nah.. Ada apa ini,, rupanya gw baru sadar, setelah tuh IT (yang katanya) yang ahli dibidangnya mengutak atik komputer bukannya memperbaiki tapi malah membawa masalah baru yaitu dia membawa malware. Alhasil gw yang kena terus disuruh cek semua komputer yang katanya terinfeksi malware "Zombie" apa gitu namanya yang cara penyelsaiannya di dapet dari email IT pusat.

Akhirnya tuh malware "Zombie" berakhir juga intensitas keberadaannya (walaupun sebenernya masih ada di jaringan komputer kantor gw, ya menurut gw). Tapi ada masalah baru lagi yang muncul yaitu sebuah komputer gak bisa terhubung ke komputer yang laen ketika aplikasi kantor gw mengirim sebuah permintaan ke komputer tersebut. Alhasil gw lagi yang disuruh suruh sama "Kakak Pertama". Karena gak ada penyelsaian (karena gw gak berani ngutak atik tuh aplikasi kantor gw yang sangat rumit) akhirnya nih IT (yang katanya) yang ahli dibidangnya dateng lagi ke kantor gw, terus mulai ngutak atik lagi, tapi masih tetep aja gak ada perubahan yang berarti (walau katanya ahli dibidangnya).

Terjadilah (akhirnya) sebuah aplikasi di klik sama "Kakak Pertama" di komputer yang bermasalah tersebut (atas pembelajaran dan pemberitahuan dari IT tersebut via telpon) dan beberapa menit kemudian memunculkan pesan dengan Caption "Messenger Service" yang berisi pesan bahwa virus/malware telah terdeteksi di komputer gw dan mungkin sudah menyebar ke komputer laen di dalam jaringan. Dan akhirnya gw cuma diem aja dan ketawa (dalam hati) kalo komputer ini makin parah aja setelah si IT itu mengajarkan apa yang telah diajarkan (dan nyatanya malah menjalankan sebuah aplikasi yang telah terinfeksi virus).

Mudah mudahan gw gak disuruh suruh lagi deh coz sudah pusing dengan Job-Desc kerja gw yang bikin deg degan. Yang aneh itu sih menurut gw si IT (yang katanya) yang ahli dibidangnya, masa' seorang IT (yang katanya) yang ahli dibidangnya bukannya memperbaiki sesuatu malah membuat rusuh sesuatu (atao ini cuma akal akalan si IT aja biar dia memperbaiki apa yang emang udah dia rusak biar bayarannya dibayar 2x lipet, sapa yang tau!!).