Minggu, 14 Oktober 2012

Dan Kucing Pun Bisa Bermimpi Juga

Kelakuan kucing gw ini emang sudah gw perhatiin sejak lama ketika mereka tidur karena gw sudah memelihara kucing sekitar 15 tahun. Ketika mereka tidur terkadang gw ngeliat buntut mereka bergoyang yang menandakan kalo mereka sedang marah karena diganggu (biasanya kalo lagi aktif bermain waktu terjaga, ketika diganggu dan marah maka akan terlihat yang ditandakan dengan bergoyangnya buntut mereka). Kadang ekspresinya ketika tertidur terlihat sedang ingin menangkap mangsa (biasanya kucing kucing gw gemar memperhatikan cicak di plafon rumah) yang ditandai dengan suara yang terdengar kecil dengan kumis digerak gerakan dan bibir seperti menggigit gigit kecil.

Ketika gw browsing dengan kata kunci "kucing juga bisa bermimpi", akhirnya gw mendapatkan jawabannya (ya walau yang dijadikan eksperimen itu adalah sekelompok tikus, tapi ini sudah membuktikan bahwa mamalia seperti kucing juga bermimpi).

Dr. Matthew Wilson dan Kenway Louie dari Massachusetts Institute of Technology pernah melakukan penelitian menggunakan empat tikus. Mereka menanam elektroda mikro ke hipokampus, bagian otak yang berhubungan dengan proses memori, keempat tikus itu. Lalu mereka mengamati pola-pola gelombang otak yang dihasilkan oleh neuron atau jaringan syaraf yang dipasangi elektroda.

Pola gelombang otak tikus yang sedang bermimpi berlarian ke ana ke mari ternyata sama dengan pola otak tikus yang benar-benar sedang berlari. Bahkan, hanya dengan mengamati pola-pola itu, para ilmuwan bisa mengetahui apakah si tikus sedang bermimpi berlari-lari atau sedang duduk-duduk.

Mengapa binatang bisa bermimpi? mungkin untuk mengenang dan mempelajari pengalaman-pengalaman hidupnya. Jadi, berilah kucing kesayangan Anda kenangan yang  penuh kebahagiaan dan kasih sayang, bebas dari rasa lapar, kehausan dan rasa takut. Sehingga mereka selalu bermimpi indah pada saat tidur.


kucing gw dengan identitas
nama : gede
lahir : Mei 2011
jenis : kucing kampung
warna : kuning genteng